Al-Maktabah Asy-Syamilah

Admin: Saya masukkan dalam kolom “khabar”,dari tulisan Al-Akh Abu Ishaq dengan editing &tambahan tentunya.Ditambah dari Bos Milis, Al-Akh Salman Farisi.Mudah-mudah bermanfaat.

Kembali membicarakan diantara nikmat Allah ta’ala berupa internet dan komputer ini,selain ribuan kitab dan makalah para ulama,kita pun bisa jumpai berbagai program tafsir, hadits, rawi hadits, fiqih dll..banyak deh…tampilanya juga bagus dan idah, XP banget deh pokonyah…:p

Kalo mau rajin, banyak bangets lho program-program (baramij) teramat sangat bermanfaat di internet, tinggal pilih dan dunlod.

Barnamij itu adalah program-program aplikasi yang berisi
suatu fan ilmu tertentu atau kumpulan buku-buku masyayikh.Misalnya bisa jumpai di almeshkat.com atau said.net.[Tutup mata dulu saja kalau disana ada buku-buku yang muttaham]Di almeshkat jauh lebih lengkap dibandingkan di said.net, falhamdulillah ‘ala kulli ni’amih

Diantara yang juga amat bagus,beberapa barnamij bisa dijumpai di
www.islamspirit.com/islamspirit_downloads.php/

Namun demikian saya belum menemukan yang secanggih dan selengkap Al-Maktabah Asy-Syamilah (dipake sebagai rujukan juga oleh Abu Ubaidah Yusuf Mukhtar As-Sidawi (Itu lhoh Ustadz di Ma’had Al-Furqon Gresik yang biasa nulis di Majalah Al-Furqan rubrik Hadits) ketika menulis buku tetang Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab:p).

Aslinya program ini adalah buatan waqfeya itu, Cuma sekarang waqfeya lebih memilih Al-Mausu’ah Asy-Syamilah yang isisnya ya kitab-kitab hasil scan itu. PDF dari scan image hardcopy. Jadi kalo sampeyan semua mencari ke waqfeya.com di bagian baramij, yang ada adalah Al-Mausu’ah Asy-Syamilah, kalau Al-Maktabah Ay-Samilahnya mah sudah raib :p

Al-Maktabah Asy-Syamilah bisa kita dunlod misalnya di
http://www.islamway.com/index.php?iw_s=library&iw_a=bk&id=1601&lang=1

Al-Maktabah Asy-Syamilah hanya engine mausu’ah yang sudah dilengkapi sekitar 1800 judul kitab. Bisa kita tambah isi kitabnya dan bisa juga kita hapus apa yang sudah ada. Kita juga bisa mengedit catalog serta segala sesuatunya. Bisa copy paste dengan aotomatic muncul jilid dan halamannya, mudah dan cepat dalam search dll.

Jadi, apa yang sudah kita dunlod bisa kita masukkan ke maktabah asy-syamilah tersebut sehingga melengkapi perbendaharaan bukunya.

Start pertama mungkin jumlahnya sama, koleksinya hanya 1800 an buku. Selanjutnya, siapa yang rajin ya bisa mendownlod buku-buku terus memasukannya ke maktabah syamilah, nah di sanalah nanti jumlah buku masing-masing kita bisa berbeda-beda.

Intinya, maktabah syamilah hanya software/engine untuk mengintegrasikan buku-buku yang kita dunlod dalam satu mausu’ah sehingga kita mudah dalam search dan segala sesuatunya.

Begitu pak, silakan baca help atau about nya jika ingin tahu lebih banyak.

Nah diantara kabar gembira lain untuk teman-teman dilingkungan kampus ITB, Al-Maktabah Asy-Syamilah bisa di dunlod disini :

URL :
http://divkom.ee.itb.ac.id/~salman/insaf/mausuah_asysyamila.zip

*ITB only lho, kalo dari luar terhalang VPN, itu pun bakal DisConnect.

catatan :
– bawa media penyimpan(USB/hardisk) yang ada space kosong minimal 800 MB
– download ke komputer pribadi (located on campus) lebih nyaman
– untuk menginstall aktifkan Arabic Language (Nah ini persoalan utamanya,silahkan semakin rajin belajar bahasa arab)

Barakallahu fiikum

About these ads

49 Komentar »

  1. Abu Muhammad bin Kaswan said

    Apakah sama isi Maktabah Syamilah dalam bentuk CD yang diiklankan di majalah QIBLATI Edisi Januari kemarin dengan al-Maktabah asy-Syamilah yang jadi pembahasan di sini?

  2. Abu Ishaq said

    Sama dan juga beda.

    Samanya adalah ya Maktabah Syamilah, buah karya di pembuat yang sama.
    Bedanya,
    1. enginenya lebih baru, versi 2.0.sekian (punya saya 2.0.0.4, dan ada yang jauh lebih baru, QIBLATI mungkin lebih baru, 2.0.9?).
    2. Jumlah bukunya lebih banyak (1800 sekian)

    Konon katanya, yang versi 1.0 mayoritas buku dibuat halaman dan jilidnya sama dengan versi cetak. Tapi untuk yang versi 2.x.x ini lebih banyak ihalah ke website mana begitu sehingga penempatan halaman dan jilid tidak sama dengan versi cetaknya.

    Wallahu a’lam.

    Maktabah Syamilah cukup terkenal, banyak thullab bahkan ustadz menggunakannya, malah ada yang ketika kajian menggunakannya sebagai rujukan pembahasan, bukan versi cetaknya. Jadi silakan berburu informasi bagi yang berminat, tentunya mengambil faidah dan menjadikannya berfaidah bagi pribadi dan masyarakat adalah jauh lebih utama.

    Ada orang mengatakan, “kita ini lebih suka menahan bukunya atau barangnya daripada menahan isinya.”

    Saya kira ucapan kawan kita ini tidak berlaku untuk kita semua. Karena semua yang hadir di sini tentunya lebih suka menguasai isi dan menikmati faidah di dalamnya bukan semata untuk koleksi.

    Wal’ilmu ‘indallahi ta’ala.

  3. Abu SHilah said

    Tapi tetap harus hati-hati ya ikhwan, masih ada kesalahan di sana…

    Ana lihat kitab ushulus sunnah di Maktabah Syamilah v.2 ada yang kurang, ushul-nya ngilang satu : “tarkul khushumat wal julus ma’a ash-haabil ahwa”…

    ini yg ana tau, yg lain nggak tau…

    Bukunya (yg di v.2) pun masih campur, ada bukunya Abdulloh Azzam, “La Tahzan”-nya Aidh al-Qorni, dll.

    Dan di v.2 penomoran juz & halaman banyak yg nggak cocok sama kitab aslinya.

    Tapi lumayanlah buat bahts-bahts…

  4. Abu SHilah said

    Ralat:
    Ana lihat kitab ushulus sunnah di Maktabah Syamilah v.1 ada yang kurang, ushul-nya ngilang satu : “tarkul khushumat wal julus ma’a ash-haabil ahwa”…

  5. Abu Miqdad said

    Afwan!
    Akh setelah ana instal font-nya gak support, hurufnya aneh bahasa apa ya? supaya support gimana ya?

  6. Abu Umair As-Sundawy said

    Pak Abu Miqdad, di milis kami pernah dibahas persoalan serupa.Sayang saya tidak bisa menampilkan gambar petunjuknya.Mudah-mudahn tulisan berikut bisa diraba:

    Dugaan kuat adalah masalah non-Unicode. Berikut saya sampaikan urutan untukmenyulap computer anda yang berOS Windows 2000 dan XP agar bisa menulis arabdari kanan ke kiri semudah dan semirip menulis huruf latin dari kiri kekanan. Demikian juga untuk masalah program-program yang menggunakan nonUnicode languages.

    Click “Control Panel” –> “Regional and language option” (1)
    Terus pilih “Language” (2) dan kasih tanda ceklist di ‘Install files for
    complex script and right to left languages (including Thai)” (3) –> “Apply”
    (4)

    Anda akan di minta memasukkan CD Windows karena ada yang harus di install.Jika computer anda memiliki capy folder I386 -biasanya di komputer-komputer kantor folder ini sudah dicopykan, atau ada di server- ya tinggal
    disesuaikan saja path/file destinationnya nya.

    Kalo sudah selesai install, akan diminta restart. Dua pilihan, silakan
    restart terus masuk lagi dan tuntaskan yang tersisa. Atau tuntaskan dulu
    yang tersisa baru restart, sama saja.

    Click Control Panel –> Regional and language option

    Terus pilih Language lalu click Detail.Default languages biarkan
    English dan silakan Add untuk Arabic Keyboard –> Apply

    Kembali ke sebelumnya, pilih Advance ,ini yang penting, pilih non
    Unicode dengan Arabic (Saudi Arabia) –> Apply

    Selesai. Setelah ini, anda bisa menikmati computer anda full function untuk
    semua yang berhubungan dengan Arabic, mulai dari menulis (kanan ke kiri)
    termasuk setingan font, arah footnote dan lain-lain. Ini berlaku untuk semua
    aplikasi windows terutama office. Bikin ppt dengan full Arabic juga bisa.

    Selamat mencoba!

    (dari email Abu Ishaq)

    Abu Umair As-Sundawy

  7. abu 'aliy said

    Barokallohufik, tak sengaja ana ketemukan web ini. subhanallog bagus. mengenai maktabah syamilah on CD, menurut ana ya memang sebuah program yang ditujukan untuk mempermudah dan membantu para tholabul ‘ilmi. tapi yang namanya program buatan manusia mungkin masih ada kekurangan disana-sini dan itu memang harus kita lengkapi/sempurnakan bagi yang bisa. dalam artian bukan terus dicemooh or disingkirkan trus bercampurnya dengan kitab2 lain, ya namanya perpustakaan yang besar, ya musti lengkap dengan buku2 yang berbagai macam yang bisa digunakan mungkin untuk memahami dan meluruskannya. kita ikut merasakan betapa besar ghiroh orang yang membuatnya untuk kelancaran dakwah. tinggal PR-nya siapkah saudara2 kita belajar bahasa arab. mungkin ada ikhwah yang pinter bikin program belajar bahasa arab mudah tur gratis, jadi sangat bermanfaat. salam kenal dari majalah qiblati malang terkhusus buat akhuna abu shilah

  8. abu 'aliy said

    oh ya lupa maktabah syamilah bisa kita update terus menerus melalui programnya lho jadi makin penuh aja perpustakaan kita.

  9. abu hanaan al semaranji said

    Ikhwan, klo mo pake Linux ada gak?
    soalnya ana gak mo membajak Windoze (mahal euy, 2 juta/komputer).

    Sekedar info bagi pengguna Linux, antum mending menggunakan file-file PDF karena bisa dibaca menggunakan XPDF maupun GhostView. file PDF bisa di-download di waqfeya maupun di situs-situs resmi masyaikh. ato bisa juga download dalam bentuk HTML lalu diubah ke PDF menggunakan CutePDF.

    Atau jika terpaksa menggunakan .exe di Linux bisa menggunakan WINE (namun kompatibilitas tidak 100%).

    Untuk CHM (compiled HTML) bisa dibuka pake konqueror menggunakan plug-ins (Ana pernah nyoba pake Knoppix bisa) tapi klo pake Mandriva, dan RedHat sepertinya perlu download pake plug-ins eksternal.

    Untuk mensetting tulisan arab di KDE, gunakan langkah-langkah berikut:
    1. Klik Application Kicker > System > Configuration > Configure your Desktop.
    2. Klik item Accessability > Country, Region & language
    3. Klik Add Language > Other > Arabic.
    4. Klik tombol Apply, jadi dah.
    5. untuk mengubah tulisan dari En ke AR antum tinggal melakukan klik di kanan bawah Desktop.

    Oh ya, agar bisa mensetting tulisan arab menggunakan langkah-langkah di atas, antum harus menginstal dulu i18n kde-ar (internasionalisas arabic) di KDE dengan cara (di Red-Hat based Linux):

    $ su root [enter]
    [masukkan password
    # rpm -ivh kde-ar-versi [enter]
    maka insyaallah Linux antum bisa menampilkan tulisan Arabic.

    Ane dukung IGOS (Indonesia Goes Open Source) untuk pembelajaran diiniyah.

  10. Abu Shalih said

    Oya kalo di maktabah syamilah, kitab-kitab karya Syeikh ‘Utsaimin Rahimahullah
    memang ga ada ya ?
    kemudian cara nambah kitabnya bagaimana ?
    Jazahullah Ahsanal Jaza’ bagi yang telah memulai sunnah hasanah ini…
    semga manfaatnya meluas.

  11. Abu Ishaq said

    Mas Abu Shalih,
    Saya berasumsi semua yang menggunakan Al-Maktabah Asy-Syamilah bisa atau mengerti bahasa arab.

    Silakan dibuka bagian ‘help’, di sana akan dijelaskan apa saja yang bisa Mas Abu Shalih lakukan terhadap Al-Maktabah Asy-Syamilah. Mulai dari menambah perbendaharaan buku (.doc, .rtf, .txt, .html dll) sampai mengedit isi buku yang sudah compiled di sana. Tentunya bisa juga melenyapkan (delete) buku yang sudah ada. Jadi mereka yang merasa risih dengan keberadaan suatu buku tertentu, ya tinggal pilih bukunya dan lenyapkan saja, tidak perlu harus sa’ program-programnya, apalagi sampai bernuansa tahdzir :p Kalau mau, iya silakan reset saja dengan mengahapus semua bukunya, lalu jebloskan buku-buku yang dikehendaki sesuai keinginan, tidak harus bahasa arab, bahasa indonesia (text latin) juga bisa, selama format filenya ya seperti yang tersebut di atas.

    Ada juga cara mengcopy yang istimewa yaitu otomatis dengan nomor jilid dan halamnnya. Dan juga, jika ada kawan yang ingin sinkronisasi isi buku, iya di sana ada juga diterangkan cara mengambil isi buku dalam format .bok atau diconvert ke format .doc.

    Yah pokona mah, silakan digauli dengan seksama sehingga mudah-mudahan suatu ketika akan berkomentar serupa bahwa engine/program Al-Maktabah Asy-Syamilah begitu manstab tidak hanya sebatas compiler buku-buku saja tapi lebih dari itu, it can do much more, namun dengan interface yang cukup sederhana dan mudah digunakan. Apalagi tujuannya mulia, ya jadilah gratis adanya.

    Silakan dunlod buku-buku Imam Ibnu Ustaimin di websitenya atau di websites lain, lalu jebloskan ke Al-Maktabah Asy-Syamilah, insya Allah harapan mas Abu Shalih akan segera terjawab :)

    Fakta:
    1. Diakui atau tidak, Al-Maktabah Asy-Syamilah merupakan suatu terobosan yang bisa mendatangkan banyak manfaat bagi mereka yang bisa mengambil manfaat.
    2. Al-Maktabah Asy-Syamilah bukan suatu yang sempurna dalam sudut pandang hasil karya manusia. Ada banyak kekurangan di sana. Kekurangan itu tentu harus dimaklumi untuk kemudian disempurnakan bukan justru dijadikan alasan untuk disikapi ‘macam-macam.’
    3. Al-Maktabah Asy-Syamilah hanyalah engine. Isi buku mutlak bisa diubah dan diedit serta dijungkir-balikkan sekehendak hati. Perhatian utama tentu bukan pada enginenya, tapi apakah buku-buku yang kita dunlod untuk kemudian kita jebloskan ke sana apakah benar dan tidak ada kesalahan baik dari segi isi ataupun tulisannya?
    4. Al-Maktabah Asy-Syamilah tidak selayaknya dijadikan sandaran 100%. Kembali pada versi cetak adalah lebih utama. Mencari suatu hadits atau topic permasalhan di Al-Maktabah Asy-Syamilah sangatlah mudah, dengan search engine hanya dalam hitungan second saja kita sudah bisa menikmati hasilnya. Namun barakah tentu berbeda, membuka jilid demi jilid dan lembar demi lembar dalam versi cetaknya tentu membuahkan nilai tersendiri yang tidak didapat jika melalui Al-maktabah Asy-Syamilah, insya Allah.
    5. Al-Maktabah Asy-Syamilah hanyalah alat bantu alias perantara. Yang menjadi tujuan tentunya adalah ilmu untuk kemudian amal. Tentunya akan sangat merugi mereka yang dikaruniai banyak fasilitas dan kemudahan, namun tidak bisa menghasilkan delta positif setelah memilikinya.

    Mudah-mudahan kita termasuk hamba Allah yang bersyukur, yaitu yang bisa memanfaatkan ni’mat dan karunia-Nya untuk menjadikan diri semakin berkualitas dalam menunaikan keta’ataan kepada-Nya.

    Abu Ishaq As-Sundawy

  12. Abu Syifa said

    Assalamualaikum
    Alhamdulillah, mudah2an pada ikhwah sekalian senantiasa dalam kebaikan. Afwan ana perlu bantuan;
    ana sudah setting xp arabic tapi untuk penulisan angka masih keluar angka latin, kiranya para ikhwah berkenan mengatasi solusi yakni memunculkan angka arab pada MS Word atau XPnya, dan dapat dikirmkan ke email ana: risalah_islami@yahoo.com.

    demikian, Jazakumullhahu khairon
    Abu Syifa

  13. abdillah1984 said

    assalamuálaikum

    bisa jalan di linux ga yaa..

  14. agustira said

    tambahan
    ana lihat di motada.com
    banyak sekali link ke kitab2 para ulama baik yang sudah berupa cd program
    yang bisa di download ataupun yang lain…
    tapi sayang ana blm bisa bahasa arab jadi baru download program yang antum kasih linknya di atas, kalo link di bawah ini isinya apa yaa apakah ada yang tahu: http://www.taimiah.org/Zip-CD/CD1.zip
    trus ana minta tolong kalo bisa antum buka situs montada.com lantas beritahu ana kitab ato program apa saja yang bisa didownload dari postingan di sana..
    karena ana rasa sangat bermanfaat bagi kita..
    dan kepentingan dakwah

  15. abu shalih said

    Untuk mengganti ke angka arab mudah, Walhamdulillah
    tools>
    tools option>
    complext script>
    number > hindi (ganti dari yang sebelumnya arrabic)

    nah pertanyaannya: kenapa dipilih hindi munculnya angka arab,
    tapi kalo di pilih arabic malah angka romawi ?
    ana yakin pembuat ms words gak kebalik bikinnya,
    tapi kenapa ya , ada yang tahu ?

  16. Abu Ishaq said

    Mas Abu Shalih,

    Haturnuhun atas jawabannya, benar-benar tips yang bermanfaat.

    Tidak ada yang salah dengan pemilihan dan penamaan arabic dan hindi. Pernah dengar istilah angka arab? Angka arab adalah angka yang biasa kita gunakan dalam matematika (1,2,3…0). Angka ini populer di dunia dan digunakan di banyak negara/benua. Jangan campurkan istilah angka ini dengan pembahasan kita masalah bahasa arab (arabic language) :)

    Microsoft Office mendefinifsikan numeral untuk rigfht to left language dengan beberapa macam diantarnya arabic dan hindi. Arabic numeral adalah angka yang umum digunakan di benua Amerika, Eropa dan sebagian negara Timur Tengah, dan ini yang umum digunakan di dunia (1,2,3…0). Hindi numeral adalah angka yang umum digunakan di India dan sebagian negara Timur Tengah, dan ini yang kita maksud dalam pembahasan, yang bentuknya seperti di kitab-kitab atau di penomoran ayat (sulit memunculkannya di sini :))

    Bagaimana dengan angka romawi yang sempat disinggung oleh Mas Abu Shalih, tentu ini beda lagi, angka romawi biasa kita gunakan dalam penomoran bab (I, II, III, IV, …, X).

    Nah kira-kira demikian mengapa ketika dipilih arabic yang muncul adalah angka 1,2,3…0 sedangkan jika dipilih hindi yang muncul adalah angka yang kita inginkan…

    Salam,
    Abu Ishaq

  17. Abu Ishaq said

    Saudara sekalian,
    Buku Majmu’ Fatawa wa Rasa’il Ibn Utsaimin (20 jilid) sudah tersedia dalam format *.bok. Silakan di insert ke dalam Al-Maktabah Asy-Syamilah bagi mereka yang sudah menginstallnya. Bisa didunlod langsung di http://www.mktaba.net/shamela/books/mtwmio.rar

    Kita bisa saja dunlod versi *.DOC (www.saaid.net/book/) untuk kemudian diinsert serupa ke Al-Maktabah Asy-Syamilah, hanya saja keistimewaan untuk versi *.bok ini, file tersebut sudah dilengkapi dengan daftar isi dan interlinknya sehingga tentunya memudahkan bagi kita dalam membaca atau mengidentifikasi letak suatu pembahasan.

    Kepada Al-Akh Abu Sholih yang tempo hari bertanya apakah di Al-Maktabah Asy-Syamilah ada buku-buku Syaikh Ibn Utsimin, maka inilah jawabnya.

    Dan kepada siapapun yang senang beristifadah kepada pembahasan dan penjelasan Syaikh Ibn Ustaimin, tentu sangat disayangkan jika buku ini dilewatkan begitu saja.

    Selama ini saya menggunakan Majmu’ Fatawa tersebut dalam versi *.DOC yang terpisah file dalam setiap jilidnya, dan juga tanpa daftar isi. Searching dengan CTRL+F tentunya sangat membantu, namun saya harus membuka setiap file jika ingin mencari di setiap jilid.

    Kemudian saya beralih ke versi *.exe, sebuah aplikasi yang mengcompile Fatawa Lajnah Da-imah, Majmu’ Fatawa Ibn Baz serta Majmu’ Fatawa wa Rasa’il Ibn Utsaimin. Sangat membantu sekali, semuanya terintegrasi sehingga dalam searching sangatlah mudah, tidak hanya dalam Majmu’ Fatawa Ibn Utsaimin saja kita bisa menemukan apa yang dicari, namun di saat yang bersamaan kitapun bisa mendapatkan apa yang ada di Fatawa Lajnah Da’imah ataupun Fatawa Ibn Baz, jika memang di sana ada apa yang mencocoki keyword kita. (Bisa didunlod di http://www.sahab.org/books/book.php?id=790)

    Namun demikian, program-program aplikasi semisal itu masih kurang bagus dalam hal speed selain tentunya tampilan dan fasilitas untuk copy/print yang sangat sederhana. Ketika kita hanya butuh satu sumber saja, kita tidak bisa memilih hanya buku yang dikehendaki. Lain halnya dengan Al-Maktabah Asy-Syamilah, tentunya para pengguna di sini akan sepakat bahwa speed Al-Maktabah Asy-Syamilah dalam searching sangatlah bisa diandalkan disamping tentunya fiture-fiture lain yang sangat membantu manakala kita ingin menukil sebagian isi. Kita bebas melakukan searching di semua buku sekaligus atau hanya di beberapa buku yang kita kehendaki saja. Pernah mencoba search suatu masalah langsung di 1800 buku (equal dengan ratusan jilid) di Al-Maktabah Asy-Syamilah? Hanya dalam hitungan puluhan detik saja -insya Allah- kita sudah bisa menikmati hasilnya -walhamdulillah-.

    Seperti pernah dikupas dahulu, kita bisa menambah koleksi buku kita di Al-Maktabah Asy-Syamilah dengan menjebloskan file-file dengan format *.doc, *.rtf, *.txt, *.wri, *.htm dan tentunya format asli yaitu *.bok. Sekiranya kita mau sedikit lebih rajin berselancar, banyak sekali website atau forum yang memuat file-file buku yang sudah disusun sedemikian rupa dalam format *.bok (diantaranya di http://www.ahlalhdeeth.com/vb/forumdisplay.php?f=16). Banyak saudara-saudara kita yang rajin menyusun dan membuatkan daftar isi di sana sehingga kita tinggal mengunduhnya kemudian insert ke Al-Maktabah Asy-Syamilah kita. Dan merupakan pelengkap kebahagiaan kita bahwa sebagian dari file tersebut sudah dibuat mencocoki versi cetaknya dalam hal jilid dan halaman.

    Dan sebagai informasi, untuk program-program aplikasi lain, banyak sekali –walhamdulillah- silakan dipilih dan didunlod mana yang dikehendaki di http://www.almeshkat.net/books/list.php?cat=37

    Semoga bermanfaat.

    Wassalamu’alaikum warahmatullah wabarakatuh

    Abu Ishaq As-Sundawy
    PS: Bagaimana kabar saudara-saudara yang rajin mengunduh buku dari Al-Maktabah Al-Waqfiyyah (www.waqfeya.com)? Sudah sampai di mana atau seberapa banyak perolehannya? Yang pasti kecepatan dan frekuensi downlod saya sangat jauh tertinggal dibandingkan kecepatan dan frekuensi upload si pemilik website. Kalu saudara sekalian, bagaimana? Kapan kita bisa bertukar perolehan?

    • ayyub said

      siapa yang punya/pernah download maktabah waqfeya lengkap?bagi-bagi dong..
      أريد جدا جدا

  18. muhammad aljurjani said

    Saya juga punya maktabah syamilah bahkan yang memuat 5000 kitab bagi siapa saja yang membutuhkan back up anya bisa beli sama saya kirim alamat lengkap lewat e mail jaza kumullahu khaera DI TANGGUNG KHALAL Karena ada lisensinya

  19. abu abdullah said

    siapa yang punya maktabah syamilah ? kalau dunlud susah… kalau boleh saya minta copi nya atau beli juga tidak apa-apa…

    ke : rikrik_ar_bdg[@]yahoo.co.id

  20. isy karima said

    Pustaka Digital Al Kubro

    Kami dari ponpes ma’had tahfidzul al-qur’an isy karima alhamdulillah atas izin dan pertolongan-Nya telah mendevelopt Pustaka Digital Al Kubro (al Maktabah al Kubro) dengan basis Al Maktabah asy Syamilah. Keunikan dan keistimewaan yang kami tawarkan dari Pustaka Digital Al Kubro adalah :
    1. Jumbo database (7G) : memuat lebih dari 2.500 judul kitab, terdiri dari 20.000 jilid dari kitab-kitab induk utama dan modern berbahasa Arab
    2. Open source : database bisa ditambah dengan buku/kitab dalam bahasa Indonesia/ lainnya dan bisa diedit sesuai keinginan dan kebutuhan
    3. Menu access/ interface software berbahasa Indonesia sehingga mudah dalam penggunaan
    4. Instan translator, dilengkapi dengan software penterjemah instant ke dalam berbagai bahasa dunia link via google translate
    5. Smart Solution, solusi hemat dan temat untuk semua. Miliki koleksi perpustakaan yang sanagt lengkap sbg asset tak bernilai, kini cukup hanya dengan biaya ringan dan phisyk mungil dan praktis
    6. Efektif dan efisien; system akses data dan pencarian kata/tema cepat, akurat dan variatif
    7. Flexible, dengan paket USB eksternal hardisc bisa dibawa kemana saja dan bisa digunakan kapan saja
    8. Kesempatan menjadi reseller dan trainer penggunaan Pustaka Digital Al Kubro

    CP : H Junaedy Alfan 0813 3936 6665

  21. Ana said

    Assalamu’alaikum.
    Bagaimana cara mendapatkan maktabah kubro?
    Berapa harganya?
    Dalam bentuk apa? Dvd atau cd?
    Kalau di Yogya, dimana perwakilannya?

    Jazaakumullaahu khairan.

  22. isy karima said

    Wa’alaikum salam wr wb

    Ada bbrp paket pilihan :
    1. Paket software pustaka digital al kubro dengan eksternal hardisk 40/80GB dan training serta packing produk.Harga 1,8 juta
    2. Paket serial Pustaka Digital dalam bentuk CD, harga 50ribu/CD

    Sebaiknya antum jadi mitra distribusi kami di Jogja.

    Kontak : Isy Karima Center Jl A Yani 372F Pabelan Surakarta
    telp/fax : 0271-711999 http://www.isy-karima.com http://www.afaqcomm.com
    CP : Hanung 0813 2874 8511

    Wassalamu’alaikum wr wb

  23. komarudin01 said

    @abu hanaan al semaranji
    saya juga pakai linux. Saya sudah coba di ubuntu saya, tetapi belum berhasil untuk nge-run-nya. Mudah2an nanti ada juga program yg menyediakan kitab2 di linux.

  24. zalani said

    salam………
    boleh saya tahu latar belakang maktabah syamilah? siapa pengasasnya?

  25. alfakir ilalloh said

    Saya juga punya maktabah syamilah bahkan yang memuat 5000 kitab bagi siapa saja yang membutuhkan back up anya bisa beli sama saya kirim alamat lengkap lewat e mail jaza kumullahu khaera DI TANGGUNG KHALAL Karena ada lisensinya

  26. irwnp said

    @alfakir ilalloh

    Berapa biayanya?syukron…

  27. adedy said

    Di Majalah Qiblati menjual CDnya kalau nggak salah

  28. Aldi said

    Install di Windows 2000 gak keluar font Arab-nya kendati telah instal arabic dari “Regional Setting”.
    Install di Win XP Aman… :D

  29. abuazzams said

    Ini baru heboh nih, maktabah syamilah versi ketiga, versi terbaru 2.11 berisi 5505 kitab 13,4 Gyga Bytes dalam satu keping DVD udah ada buku panduannya juga, sangat terjangkau, hanya Rp.35.000,- . lihat aja di http://www.ridwanamedia.blogspot.com , atau bisa beli online di http://sarana-hidayah.com/distro-distro_id-65 namun ini versi lama, maka silahkan pesan yang versi baru ini 2.11 DVD 4 GB extrac jadi 13,4 GB.
    Saya juga udah pakai, sangat bagus dan sangat ekonomis sekali.

  30. abuazzams said

    Detail itemnya ada di sarana hidayah :
    http://sarana-hidayah.com/detail-item_id-809 . namun ini versi lama, semoga dalam waktu dekat versi lama di update ke versi yang baru sebagaimana di http://www.ridwanamedia.co.nr.

  31. Phurnomoo said

    Assalamualaikum,
    saya butuh cdnya, kirimin donk? buat di pondok
    soalnya ane download dari nuniho.org filenya rusak terus dan error
    trims
    wassalam

  32. wawan said

    apakah ini buku2/ebook nya semua halal didownload,
    dalam arti memang boleh dari pengarang atau penerbit nya ?

    sukron atas jawabannya

  33. alif juman said

    Aktifkan mode Arabicnya, melalui [Control Panel] [Regional and Language Options] [Advanced]

    Pilih Arabic, dengan nama negara apapun (asalkan bertuliskan Arabic), misalkan Mesir, Bahrain, Jordan, dan lain-lain.

    Bagi yang pengin DVD Syamilah 13 GB bisa pesan ke alif jum’an PP.Assalafiyyah Mlangi Nogotirto 55292 alifjuman@yahoo.com HP 085215695370. Satu keping DVD cuman Rp.20.000 (duapuluh ribu rupiah) sudah termasuk ongkos kirim ke seluruh kota di indonesia dan video tutorial cara penggunaan Syamilah dan cara setting arabic di win98,xp maupun vista.

  34. alif juman said

    Subkhanalloh…… itulah yang pertama kali keluar dari mulut mungil kami, setelah berhasil menginstall dan mencicipi al marji’ al akbar, satu software kumpulan ribuan kitab sebagaimana asy syamilah, begitu cepat dan sangat komphrehenseif, bayangkan saja kalo syamilah butuh beberapa menit untuk mencari suatu lafad dalam satu bidang kitab, maka al marji’ hanya butuh 0.00001 detik, maka data yang anda inginkan sudah tersedia dari 12.000 jilid kitab yang ada…..

    DVD sebesar 3,2 GB kalu diinstall butuh 3.7 GB, dan indahnya lagi butuh DVD originalnya untuk membuka dan mengawali programnya…., setelah program terbuka, DVD boleh disingkirkan. Namun sekuat apapun proteksi CD or DVD, ternyata bobol juga oleh sebuah kebetulannn… Matur nuwun Pak Hasan dan Pak Ali As’ad atas oleh-oleh kitab tersebut dari Haji di tahun 2007 kemarin.

  35. hanif said

    tolong tolong tolong

    tolong saya

    yang tau maktabah syamilah

    ak dah download 3,3giga

    tapi alhasil ada sat file yang error

    jadi tolong sapa aja tolong bagi file yang bernama 1231.mdb

    tolong

    kalo bisa secepatnya

    sekali lagi tolong

  36. SUNNY2008 said

    mas mau nanya, komputerku pake windos xp. aq udah utak-atik untuk bahasa arab, tapi kok gak bisa ya…? malah disuruh insert CD, setelah aq add kok gak ada arabic (saudi arabia), katanya pake xp bisa, kok ini gak bisa. mohon dengan sangat penjelasannya, soalnya saya kuliah di jurusan bahasa arab, susah nih… klo gak ada program bahasa arabnya.
    suny_che@yhoo.co.id
    http://www.212baca.wordpress.com

  37. Assalamu’alaikum. Saya berminat mencari Maktabah Asy Syamilah versi Linux. Barang kali ada ikhwah yang mengetahui secara detail di mana saya bisa memperolehnya. Terus terang lisensi Windows terlalu mahal bagi saya, dan saya tidak mau menzholimi orang kafir pembuat Windows dengan memakai bajakan program mereka.
    Adapun saya inginkan versi yang sudah dibakar ke DVD atau CD. Untuk download sendiri tidak mungkin lantaran internet saya berkecepatan rendah.
    Atas bantuan antum semua, saya do’akan Jazakumullohu khoiron katsiro.
    Wassalamu’alaikum.

    ttd. Rizaqu Abu Abdillah (rizaqu@gmail.com)

  38. yogakasep said

    assalamu alaikum, akhir2 ini karena terjadi peristiwa dipalestina, banyak ikhwah membawakan dalil ini …

    – قَالَ أَبُو عَبْد الرَّحْمَنِ وَجَدْتُ فِي كِتَابِ أَبِي بِخَطِّ يَدِهِ حَدَّثَنِي مَهْدِيُّ بْنُ جَعْفَرٍ الرَّمْلِيُّ حَدَّثَنَا ضَمْرَةُ عَنِ الشَّيْبَانِيِّ وَاسْمُهُ يَحْيَى بْنُ أَبِي عَمْرٍو عَنْ عَمْرِو بْنِ عَبْدِ اللَّهِ الْحَضْرَمِيِّ عَنْ أَبِي أُمَامَةَ قَالَ
    قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَا تَزَالُ طَائِفَةٌ مِنْ أُمَّتِي عَلَى الْحَقِّ ظَاهِرِينَ لَعَدُوِّهِمْ قَاهِرِينَ لَا يَضُرُّهُمْ مَنْ خَالَفَهُمْ إِلَّا مَا أَصَابَهُمْ مِنْ لَأْوَاءَ حَتَّى يَأْتِيَهُمْ أَمْرُ اللَّهِ وَهُمْ كَذَلِكَ قَالُوا يَا رَسُولَ اللَّهِ وَأَيْنَ هُمْ قَالَ بِبَيْتِ الْمَقْدِسِ وَأَكْنَافِ بَيْتِ الْمَقْدِسِ

    bagaimana kedudukan hadits tersebut…mohon penjelasannya.

  39. Cah Mlangi Yogya said

    Syamilah 3.15 sudah bisa berjalan di linux via wine…. saya sudah mencoba di Ubuntu 8.10….

    alifjuman@yahoo.com

  40. evran said

    Woi… Linux bisa menampilkan buku2 maktabah syamilah, gunakan Thwab. Baca lebih lanjut tulisan saya..

  41. laduny said

    aku install maktabah syamela versi 6800 kitab di windows7 bisa jalan nurmal namun font di bagian bar atas bentuknya kayak cacing tidak kebaca kenapa ya?

  42. Abu Hafs said

    @ evran,

    Afwan..ana sdh cb pk Hyperlink to Thwab, tapi tampilannya kurang nyaman dibanding Syamila.. misalnya saja, ketika ana buka ‘Sahih Bukhari’ misalnya, ada halaman yg meloncat & berulang.. kemudian ana instal Syamila pk Wine.. tp fonts Arabicnya tdk muncul.. padahal semua aplikasi lain non Wine ga bermasalah.. termasuk Hyperlink to Thwab.. Apa ada ikhwah yg dpt memberi tip & trik utk Syamila via Wine?

    Jazzakumulahukhairan..

  43. iwans said

    ko’ yang keluar cuma ????????????????????????????????????????????????????? tu gimana? padahal windows AR dah aktiv tiv tiv tiv. kepripun kang………..?? LZ… sukron ‘alal kul

  44. lanlan al bandungi said

    Assalamualaikum. ana mau imigrasi dari windows k ubuntu(linux apa), tapi dapt kesulitan dalam instalasi maktabah syamilah. udah coba pakai wine di ubuntu 8.10 tapi tetap huruf2 g bisa kebaca. mohon pencerahan?

  45. Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh,

    Berita gembira buat pengguna maktabah syamilah di sabily edisi terakhir ( gaza )
    Ana sudah sempat berhasil menginstal maktabah syamilah di sabily, namun saya belum sempat menuliskan langkah-langkahnya. Kebetulan saya disuruh sama ustadz abu sumayah beni sarbeni, karena di pesantren kami insya Allah mau migrasi ke sabily, sehingga saya disuruh menginstal maktabah syamilah, dan sudah dicoba berulang-ulang, tanya sana sini, browsing, dan alhamdulillah, Allah mudahkan, hingga akhirnya berjalan seperti di windows.

    Secara singkatnya memang di instalnya menggunakan wine, dan di installnya seting sabily harus lokal saudi arabia,

    Insya Allah nanti akan saya tuliskan di blog saya di http://www.aslibumiayu.wordpress.com

    Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

  46. kamil said

    akhi, saya mau nanya, bagaimana cara eksport dari maktabah syamilah dan hasil eksportnya dalam bentuk pdf/ word.syukron atas jawabannya.

RSS feed for comments on this post · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 52 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: